Meine Gedanken

Sunday 11 May 2008

Investasi Waktu

Pengennya sih aku mau investasi...tapi sepertinya modal masih belum cukup. Terus aku pikir, apa yang bisa aku lakuin ya sekarang??Setelah menelaah beberapa kemungkinan, akhirnya aku nemu 1 hal yang bisa aku investasiin...waktuku!!!

beberapa hari yang lalu, aku sempet ngobrol ama salah satu temen and dia bilang gini waktu aku tanya, sibuk ya?
"ya gini lah feb...banyak kerjaan banyak tugas dll, bayangin aja, seminggu kita ada berapa jam pelajaran, anggep 20 jam pelajaran. 20 x 45 menit=15 jam. belum lagi ditambah belajar selain di kuliah, anggap kita belajar tiap 2 kali lipat dari jam pelajaran di kuliah, jadinya 40x45 menit=30 jam. yang artinya dalam seminggu kita menghabiskan 45 jam dari, belum lagi tidur, mandi, masak, makan, belanja. jadi emang kalau kuliah di jerman ini kita mau gak mau jadi kuper."

sekilas aku mengiyai pernyataan dia, karena didukung dengan data statistik yang akurat. tapi malemnya aku mikir lagi tentang hal ini.
"apa aku di sini cuma mau kuliah?apa di sini aku gak cari temen?apa aku di sini nggak ngunjungi tempat yang bisa menginspirasi aku?apa di sini aku nggak olahraga?"
cuma 1 jawaban yang aku dapet.."nggak"

jadi gimana dong??
setelah berpikir lagi, jadi inget kata2 tante ning "feb, kalo tante liat, anak aachen yang kuliah lancar (gak mesti sesuai regel) dan dia punya kesibukan lain (organisasi ato apalah), dia bakal bisa jadi manager yang baik."
emang kata2 ini nggak bisa ditelen mentah2, tapi ada beberapa persyaratan lain. dari pernyataan t ning iniaku bisa menjawab beberapa pertanyaanku di atas. menjadi sukses (belum aku buktiin sih) itu nggak cukup dengan modal rajin belajar, rajin kuliah, rajin ngerjain tugas dari prof. emang itu penting, tapi kita butuh hal2 lain yang saling mendukung. memang ada orang yang sukses dengan cuma rajin kuliah, tapi seakan hidupnya nggak ada cerita lain selain kuliah.
jadi inget lagi kata2 (lagi2) t ning...
"hidup ini bagaikan main piano feb..ada nada tinggi, nada rendah dan semua itu harus disusun secara harmonis jadi sebuah lagu kehidupan yang enak didengar. kalo cuma nada tinggi tok, kurang variatif, gitu juga kalo cuma nada rendah."

belajar sendiri menurutku bukan cuma diterjemahkan liner sebagai belajar ilmu pengetahuan, tapi juga ada belajar gimana berorganisasi, belajar gimana bekerja dengan orang lain, belajar gimana melobi orang lain, belajar mengatasi masalah, belajar jadi moderator, belajar jadi koordinator dan belajar2 yang lain. sekarang ini sarana belajar itu buanyak sekali, tapi sayang nggak semua orang (terkadang aku juga) gak mau nggunain kesempatan itu dengan alasan, malu lah, malas lah, gak mau lah, gak ada waktu lah....

emang waktu kita beda ya satu orang ama orang lain???emang ada orang yang bener2 udah gak ada waktu, tapi sangat disayangkan buat orang yang cukup waktu tapi gak mau gunain waktunya buat belajar2 itu. dia justru lebih nyaman setiap hari duduk di depan komputer buat nonton film, dia lebih seneng tiap hari cuma ke party, tiap hari cuma ngerjain tugas kuliah, tiap hari cuma olahraga...gak ada variasi lain...

kembali lagi ke pernyataan temenku yang bilang kalo sekolah di jerman menuntut kita harus kuper. sekali lagi jawabanku adalah "TIDAK".
aku masih bisa olahraga, aku masih bisa berorganisasi, aku masih bisa pengajian, aku masih bisa kerja, aku masih bisa maen ma temenku dan aku masih bisa ngerjain tugas dan aku masih bisa hal2 lainnya....
sekarang tinggal gimana kita ngatur waktu kita dalam satu hari, dalam satu minggu dan dalam satu bulan...

kata salut buat 3 temanku yang sudah menginspirasi hidupku di sini dalam hal membagi waktu...mereka adalah TAS, MRA, IOT. kalo kalian tetep bagus, kalian bisa jadi manajer yang baik seperti kata tante ning.

so temen2...
jangan ngurung diri di kamar terus, jangan cuma olahraga, jangan cuma ke party, jangan cuma tidur dan jangan cuma "cuma yang lain". di sini banyak banget yang bisa kita pelajari and kita ambil...

keep spirit!!!

2 Comments:

At 11 May 2008 at 03:06 , Blogger Saham said...

Menurut saya waktu lebih berharga dari uang, jadi investasikan waktu sebaik mungkin.

 
At 11 May 2008 at 16:53 , Blogger Meine Gedanken said...

saya setuju sekali dengan pendpat anda sang "forum investor"

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home