Meine Gedanken

Monday 21 January 2008

Re-Organisasi PPI Jerman 2007 (Copy-Paste)

Ini kisah tulisan Ridwan di mailing list PPI Aachen.
Kisah ini sendiri menceritakan perjalanan kontingen PPI Aachen ke SPA PPI Jerman 2007.
jadi begini cerita ridwan....


Perjalanan kawan-kawan Aachen dimulai dengan berangkat dari Aachen Hbf jam 19.49 CET (menuju Koeln Hbf), kemudian dilanjutkan dengan perjalanan naik bus dari Koeln ke Dussie, kemudian langsung menuju Berlin. Pada dasarnya perjalanan berjalan lancar, kecuali ada satu kejadian seru (?) yaitu adanya ancaman bom di Koeln Hbf yang membuat semua orang bergegas meninggalkan Koeln Hbf untuk beberapa saat.

Sampai di Berlin, di waktu kawan-kawan lainnya mendapatkan waktu istirahat sebelum memulai pentas seni, gw n Mas Sony tertahan di kedubes RI untuk mengikuti SPA. SPA dimulai jam...(lupa tepatnya) dengan materi-materi sebagai berikut:
1. Pembukaan
pembukaan oleh Reiza (Bremen), sambutan-sambutan dari beberapa orang
2. Sidang Pleno 1
pengesahan agenda acara, pengesahan tatib persidangan, pemilihan 3 orang pimpinan SPA
3. Sidang Komisi A (AD/ART) dan Sidang Komisi B(Garis besar program kerja)

Gw sendiri akhirnya tergabung ke dalam komisi A untuk membahas AD/ART PPI Jerman. Ada beberapa usulan dan pertanyaan mengenai AD/ART, di antaranya peran BPKK, bagaimana cara menguatkan fungsi kontrol BPKK, kesekretariatan PPI Pusat, badan hukum PPI Pusat, keanggotaan. Dari semua hal yang masuk ke dalam sidang komisi A, akhirnya hanya pasal-pasal mengenai BPKK di AD/ART yang diubah. Karena serunya diskusi dan perdebatan dalam komisi A, akhirnya di saat komisi B telah menyelesaikan sidang, komisi A mengadakan reses untuk lobi-lobi lanjut dan makan siang. Setelah makan siang, akhirnya sidang dilanjutkan dengan sangat cepat ^^ (mungkin karena udah kenyang dan lobi-lobi cenderung berhasil). Setelah membuat redaksional yang dapat disepakati oleh semua peserta sidang, akhirnya sidang komisi A pun ditutup jam 16.00 (ngaret 2 jam dari waktu yang dialokasikan) .

Selesai mengikuti SPA, semua anggota komisi A bergegas menuju tempat pelaksanaan Pensi. Wuah..pokoknya Pensi di berlin is the best...susah klo mau diceritain semuanya di sini. Ada RPJ, ada band-band keren (termasuk Aachen yang masuk ke grand final dan meraih juara 3), tari-tarian yang keren dan lain-lain. Acara pensi berakhir sekitar tengah malam. Kawan-kawan dari berbagai kota segera menuju hostel yang telah di-book oleh panitia SPA/Pensi untuk beristirahat. Banyak juga kisah-kisah lucu selama di hostel. Seperti terdengar suara ngorok yang tidak jelas dari siapa, susah tidur karena terganggu oleh suara berisik dari ranjang per, tidak bisa masuk kamar karena semua penduduk kamar di hostel udah terlelap bahkan ada seorang kawan (bukan PPI Aachen) yang karena rada ngantuk dan dalam situasi gelap mandi di kamar mandi cewe (huehuehu..bayangka n paniknya dia ketika ditegur oleh seorang cewe yang sedang sikat gigi dan berkata "Mas, ini kamar mandi cewe...").

Waktu tidur di berlin bisa dikatakan tidak banyak bagi saya, karena tidur sekitar 1 pagi dan sudah harus bangun jam 6-an pagi untuk segera berangkat ke kedubes untuk melanjutkan sesi 2 SPA. SPA sesi dua dimulai sangat terlambat (dari jam 7.30 seperti rencana akhirnya dimulai jam 9.00 karena para peserta SPA masih kelelahan sehingga pada telat bangun). Gw, Feby n Mas Sony sendiri datang agak terlambat :p SPA sesi dua terdiri dari:
1. Laporan pertanggungjawaban kepengurusan PPI Jerman Pusat maba 2006-2007 oleh Achmad Aditya (ketua PPI Jerman pusat)
2. Pembacaan & penetapan hasil2 rekomendasi sidang komisi A dan komisi B.
3. Pengesahan Tata tertib pemilihan ketua (dan wakil ketua) pengurus pusat dan ketua BPKK PPI jerman
4. Pemilihan ketua (dan wakil ketua) pengurus pusat dan ketua BPKK PPI jerman
5. Serah terima ketua (dan wakil ketua) pengurus pusat dan ketua BPKK PPI jerman
6. Menyanyikan lagu indonesia raya

Berikut adalah hasil pemilihan ketua pengurus pusat
Achmad Aditya (Kiel) : tak bersedia (karena udah pernah jadi ketua)
Fahmi : 7 (ketua terpilih maba 2007-2008)
Dadung (Bonn) : 1
Anwar : 4
Reiza (Bremen) : gak bersedia (karena kemaren jadi ketua BPKK, trus mau thesis n mau ngurusin ikatan alumni gajah duduk se-eropah)
Dhimas (KL) : gak bersedia (kalau jadi wakil ato pengurus, mau)
Feby (Aachen) : tidak bersedia

catata: Feby tidak bersedia karena berdasarkan kesepakatan bertiga: Feby, Mas Sony n Gw, sebaiknya jangan dulu deh. Aachen masih perlu diurusin. Namun sebenarnya Feby adalah calon kuat karena didukung oleh ketua yang lama ^^)

Berikut adalah hasil pemilihan wakil ketua pengurus pusat
achmad aditya:tak bersedia (karena udah pernah jadi ketua)
Dadung (Bonn) : lupa suara (wakil ketua terpilih maba 2007-2008)
Achmad Aditya (Kiel) : tak bersedia (udah pernah jadi ketua sebelumnya)
Feby (Aachen) : tak bersedia (kalau feby diangkat jadi ketua ato wakil, jabatan ketua PPI Aachen dilepas..)
Dhimas (KL) : 1
Anwar : tidak bersedia

Berikut adalah hasil pemilihan Ketua BPKK
Achmad Aditya (Kiel) : tak bersedia (udah pernah jadi ketua sebelumnya)
Anwar : tak bersedia
Reiza (bremen) : tidak bersedia (ketua BPKK sebelumnya)
Feby (Aachen) : terpilih dengan mufakat (ketua BPKK terpilih maba 2007-2008)

catatan: karena kandidat yang lain menolak, maka Feby menjadi calon tunggal. Yaa ga ada saingan deh....heuhuehueuh trus karena walaupun jadi ketua BPKK jabatan ketua PPI Aachen tidak perlu dilepas, maka berdasarkan kesepakatan bertiga (Feby, Mas Sony n gw) sikattt)

Sebenarnya setelah menyanyikan lagu indonesia raya, acara SPA harus ditutup. Namun, karena setelah SPA sebenarnya ada acara seminar pendidikan yang diselenggarakan oleh KBRI dan PPI Berlin; dan SPA telah molor mengambil waktu pelaksanaan seminar, maka tanpa sempat bener-bener ditutup, acara SPA langsung dilanjutkan dengan seminar pendidikan. Tengah hari setelah makan siang (alhamdulillah ada makan siang waktu itu..udah bener2 lapar sih), rombongan NRW pulang menuju NRW pada pukul 13.00an.


yaah begitulah ceritanya....

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home